Komplikasi Tipes

By | July 9, 2015

Ada beberapa hal yang dapat terjadi pada orang menderita penyakit tipes, salah satunya dengan ia terkena komplikasi tipes dan itu akan dapat berbahaya untuk kesehatan dan dapat mengancam nyawanya. Untuk anda yang memang belum tahu, kompliasi apa yang disebabkan oleh penyakit tipes dapat membacanya seperti yang akan saja jelaskan dibawah ini.

obat tipes pada anak

Sekitar 10% pengidap tipes (tifus) menderita komplikasi. Komplikasi terjadi ketika pengidap tipes terlambat atau tidak diobati dengan antibiotik yang tepat. Komplikasi terjadi rata rata tiga minggu setelah infeksi. Komplikasi yang paling umum terjadi adalah sistem pencernaan yang mengalami pendarahan dalam dan infeksi yang menyebar ke jaringan sekitarnya hingga mengakibatkan usus atau sistem pencernaan pecah.

Gejala Pendarahan Dalam

Pengidap tipes yang mengalami pendarahan dalam biasanya merasakan gejala seperti :

  • Merasa lelah sepanjang waktu
  • Sesak napas
  • Muntah darah
  • Kulit pucat
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Tinja berwarna hitam pekat

Umumnya pendarahan dalam akibat tipes tidak mengancam nyawa. Meski begitu, transfusi darah dibutuhkan untuk mengganti hilangnya darah dari tubuh. Operasi juga mungkin diperlukan untuk memperbaiki kerusakan pada daerah pendarahan

Luka Pada Dinding Sistem Pencernaan

Perforasi terjadi ketika dinding sistem pencernaan terluka dan sebuah lubang pun terbentuk sehingga isi sistem pencernaan dapat tertumpah ke rongga perut. Tidak seperti kulit, lapisan perut bernama peritoneum tidak memiliki mekanisme pertahanan untuk melawan infeksi. Maka nyawa pasien akan terancam ketika bakteri penyebab tipes menyebar sampai ke perut dan menginfeksi peritoneum. Kondisi ini disebut dengan peritonitis.

Peritonitis adalah penyakit yang gawat karena peritoneum biasanya steril dan bebas dari kuman. Dalam situasi ini, infeksi dapat menyebar dengan cepat melalui darah ke berbagai organ lainnya. Infeksi ini dapat mengakibatkan berbagai organ behenti berfungsi, bahkan membawa kematian jika tidak segera ditangani.

Komplikasi ini diderita sekitar 5% pengidap tipes. Perforasi ditandai dengan menurunnya tekanan darah secara tiba tiba, disusul adanya darah dalam tinja. Gejala lain adalah sakit perut yang terus memburuk.

Komplikasi Tipes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *